Asal Mula Keris Bertuah (Tosan Aji), Bagaimana Energi Keris Membawa Kesuksesan?

Asal Mula Keris Bertuah (Tosan Aji), Bagaimana Energi Keris Membawa Kesuksesan? – Sudah dijelaskan oleh Kang Masrukhan (Pakar Benda Bertuah), menurut sejarah pembuatan bahwa tosan aji termasuk senjata. Artinya dapat berfungsi sebagai alat berperang meskipun terbatas pada jarak dekat dan dalam adegan perang satu lawan satu. Karena itu, para seniman tosan aji jaman dahulu telah memiliki pengetahuan dasar tentang logam serta teknik pembuatan yang baik. Setidaknya dengan peralatan sederhana dapat dihasilkan benda bernilai seni tinggi dan dapat berfungsi sebagai senjata pula.

Dahulu orang dapat menerka keberadaan seseorang dengan melihat keris bertuah yang dipakainya. Di masa sekarang agaklah sulit memang. Karena semua bahan sekarang mudah diperoleh, alat dan tekniknya semakin maju. Sehingga setiap orang yang punya uang dapat memiliki keris yang berperabot mahal.

Sebagai alat perang sudah selayaknya jika sedapat mungkin dibuat kuat, tajam dan dapat dihandalkan. Terkadang harus diberi daya/ isi energi keris bertuah agar selalu membawa keberuntungan pemiliknya.

Itu semua akan ikut mendasari mengapa disebut “Tosan Aji”. Penghormatan, penghargaan terhadap tosan aji tersebut sesungguhnya tidaklah berlebihan. Mengingat tosan aji selain sebagai benda bernilai sejarah juga merupakan karya seni rupa para empu. Bahkan ada yang beranggapan bahwa tosan aji bukan sekedar barang antik semata, tetapi dianggap pusaka peninggalan nenek moyang nan adi-luhung. Makanya ada yang dikeramatkan orang karena ada yang bertuah dan lain sebagainya.

Cerita Asal Mula Keris Bertuah Berawal dari Keris Empu Gandring

Pandangan tersebut kebanyakan bersumber dari legenda dan cerita rakyat lainnya. Sebagai misal tentang tuah keris buatan Empu Gandring yang dipesan oleh Ken Arok. Keris tersebut sebenarnya belum jadi. Berhubung Ken Arok punya niat untuk membunuh penguasa Tumapel yang bernama Tunggul Ametung, secara paksa keris itu diminta Ken Arok. Sementara waktu dipinjamkan kepada temannya yang bernama Kebo ljo.

Baca Juga :   Cara Memanggil Khodam Keris Pusaka dan Merasakan Kekuatan Di Dalamnya

Diam-diam Ken Arok mencuri keris yang dipinjamkan itu, untuk membunuh Tunggul Ametung. Keris dibiarkan tertancap di tubuh korban. Kebanyakan orang mengenal keris itu adalah milik Kebo ljo. Tak dapat mengelak lagi si Kebo ljo dituduh sebagai pembunuhnya. Ken Arok pun segera bertindak membunuh temannya itu. Memang saat itu ia menjadi pengawal Tunggul Ametung. lni awal rencana Ken Arok berjalan mulus.

Sebelum kejadian itu, Ken Arok juga telah membunuh Empu Gandring agar tak terbongkar rahasianya. Ketika itulah Ken Arok dikutuk oleh sang empu. Dirinya kelak terbunuh dengan keris itu juga sampai keturunannya yang ke tujuh. Memang demikianlah ceritanya hingga keris itu bertuah tidak baik.

Cerita Lain Tentang Keris Bertuah

Ada pula cerita tentang keris bertuah cukup menyenangkan yang membawa keberuntungan pemiliknya. Semua itu dapat diterima dengan aka! bila tahu proses pembuatan keris waktu itu.

Seorang Empu yang ternama sebelum mengerjakan tosan aji, didahului dengan tapa brata, membersihkan diri dan tafakur agar dapat wangsit/ilham atas tosan aji yang dipesan oleh raja misalnya. Demikian. seterusnya, sehingga ia dengan segala day a, cipta dan karsanya tercurah sepenuhnya pada penggarapan tosan aji, sudah barang tentu saat ini tak dilakukan oleh empu masa kini.

Maka sang empu dapat menciptakan hasil karya seni yang anggun, kuat dan mempunyai karisma tertentu. Walaupun sulit dicari buktinya, namun para pecinta tosan aji dapat merasakannya. Perlu juga dijelaskan, bahwa <lulu para empu terbagi dalam dua kelompok. Yang tergolong “Empu Dalam” menerima pesanan dari kalangan raja dan kaum bangsawan. Umumnya telah punya nama karena hasil karyanya bermutu tinggi.

Kelompok kedua adalah “Empu Luar”, mereka melayani pesanan dari orang kebanyakan. Oleh sebab itu, kemampuan yang berbeda dari para empu tersebut juga menghasilkan barang yang berbeda pula. Ada yang mempunyai spesialisasi membuat pedang, tombak maupun keris.

Baca Juga :   Cara Menayuh Pusaka Keris, Cara Merasakan Energi Dan Tuah di Dalamnya

Itulah asal mula keris bertuah yang dapat kami sampaikan, Semoga bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang KERIS BERKHODAM, Keris Pusaka yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan. Baik untuk kewibawaan, untuk kesejahteraan hidup. Untuk pengasihan, untuk kerezekian, jabatan dan kekayaan. Silahkan hubungi admin kami :

Call Center 1

Telepon & SMS : 082223338771

Call Center 2

Telepon & SMS : 085712999772

macam-macam keris bertuah
Ragam Bentuk Warangka Tosan Aji; Warangka Keris, Tombak dan Pedang<< >>Keris Pusaka Tanah Jawa Yg Paling Ampuh, Jaman Kerajaan Hingga Walisongo

About the author : apnusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published.