Asal Usul Keris Bertuah dan Berkhodam Berdasarkan Kepemilikannya

Asal Usul Keris Bertuah dan Berkhodam Berdasarkan Kepemilikannya – Sebagian orang mengatakan enggan menyimpan/ memiliki suatu keris aji karena ada dua alasan. Pertama takut kalau tidak ada kecocokan. Kedua tidak bisa merawatnya. Kedua alasan tersebut dapat dimaklumi, karena mendapatkan informasi tentang tosan aji / keris aji dari cerita atau dongeng. Misalnya cerita tentang keampuhan keris buatan Empu Gandring, Tombak Kyai Plered dan sebagainya.

Sebelum tahu Asal usul keris bertuah, kita harus tahu dulu arti penting dari keris dalam bidang budaya. Banyak orang kurang memperhatikan arti tosan aji yang memiliki nilai seni dan juga nilai sejarah. Sebagai benda seni, nilainya terletak pada keindahan, keharmonisan setiap bagian-bagiannya serta bagaimana pamornya. Bernilai sejarah, memang benda-benda itu dibuat pada jaman lampau. Sehingga sebagai benda peninggalan bersejarah yang membuktikan bahwa dahulu nenek moyang kita memiliki budaya yang berbeda dengan bangsa lain.

Keris Bertuah, Barang Antik yang Harus Dilestarikan

Kini tosan aji menjadi barang antik. Kecuali yang berupa keris bertuah, masih selalu dipergunakan sebagai pegangan hidup. Atau sebagai pelengkap pakaian adat. Dengan demikian dapat menjadi faktor pendukung kelestarian seni berbusana adat tersebut. Maka berarti jati diri sebagai bangsa Indonesia yang memiliki aneka ragam budaya daerah masih terpelihara.

Jika tidak oleh kita, lalu siapa lagi yang mau melestarikannya? Akankah anak-cucu kita mendengar dan belajar sejarah budaya bangsa sendiri dari bangsa lain? Uraian tersebut sekedar himbauan Kang Masrukhan (Pakar Benda Bertuah) agar kita berpartisipasi mewujudkan ketahanan nasional di bidang seni budaya.

Kepemilikan Keris Bertuah Berdasarkan Sumbernya

Selanjutnya, dari berbagai sumber diperoleh beberapa gambaran tentang kepemilikan tosan aji. Meskipun cukup unik tetapi banyak juga yang meyakininya. Adapun penjelasannya seperti berikut :

Atas Dasar Pemberian, Warisan Turun Temurun

Kepemilikan tosan aji atas dasar pemberian atau pusaka warisan yang berlangsung turun temurun. Memiliki atau mendapat tosan aji dengan cara ini sebenarnya sangat baik. Biasanya tidak ada masalah. Namun demikian ada juga yang menolak pemberian itu. Merasa kurang mantap untuk menyimpan tosan aji maksudnya. Alangkah baiknya bila dicoba dahulu, rasakan dahulu adakah hal-hal yang mungkin berpengaruh terhadap kekeluargaan.

Baca Juga :   Asal Mula Keris Bertuah (Tosan Aji), Bagaimana Energi Keris Membawa Kesuksesan?

Atas Dasar Hadiah (Bukan Warisan)

Kepemilikan atas dasar hadiah/pemberian bukan sebagai pewaris atau bukan berdasarkan pada garis keturunan. Pemberian tosan aji ini baik juga. Yang perlu diperhatikan hendaknya mengetahui latar belakang tosan aji tersebut. Lazimnya minta waktu untuk ditayuh terlebih dahulu.

Atas Dasar Jual Beli

Kepemilikan karena berminat mempunyai tosan aji dengan cara membeli. Pembelian untuk tosan aji lazimnya dikatakan sebagai “Mas Kawin”. Biasanya si peminat telah memiliki acuan tertentu untuk memperoleh tosan aji yang dapur maupun pamornya dikehendaki. Dengan begitu tidak mempermasalahkan hal-hal lain.

Atas Dasar Penarikan Ghaib

Kepemilikan dengan cara mencari mempergunakan cara-cara tertentu, Misalnya hasil penarikan Ghaib. Hal ini juga boleh-boleh saja. Hanya besar sekali resikonya. Misalnya sering meninggalkan rumah, bisa mengganggu pekerjaan pokok dan waktu yang dibutuhkan tak terbatas. Ditambah adanya resiko yang tidak terduga di tempattempat yang jauh dari keramaian. Mereka yang mengagungkan kebesaranNya, ada kemungkinan maksud tersebut kapan-kapan dapat terkabul.

Atas Dasar Tayuh

Kepemilikan berdasarkan tayuh. Yang dimaksud dengan tayuh adalah sasmita. Sasmita ini kedatangannya tidak terduga dan mungkin tak terpikirkan sebelumnya. Seakan-akan bagai sebuah mimpi tetapi sebenarnya bukan mimpi. Saatnya tiba ketika kita sedang sendirian di rumah atau di suatu tempat. Banyak pengalaman mengatakan bahwa “Sasmita” itu dapat terwujud seorang nenek, kakek, perempuan cantik maupun anak-anak yang datang untuk menumpang di rumah anda. Selang beberapa waktu setelah menerima “sasmita” tersebut ada orang yang menawarkan tosan aji kepada anda, maka sebaiknya segera ditanyakan berapa mas kawinnya. Masalah ini terserah saja menurut keberanian anda tentunya.

Cara Menayuh Keris Bertuah

Dari sekian pendapat itu, ternyata yang paling sering dipakai adalah dengan “cara menayuh” terlebih dahulu sebelum memastikan untuk memiliki suatu keris bertuah. Sebelum ada tayuh hendaknya tidak membuat kesepakatan tentang mas kawinnya. Adapun cara menayuh tidaklah terlampau repot. Letakkan keris di bawah bantal di tempat tidur anda. Dengan catatan di dalam kamar pribadi dan harus sendirian.

Baca Juga :   Kepercayaan Terhadap Keris Keramat Bertuah, Apakah Syirik? Ini Penjelasannya!

Selanjutnya, seperti yang disebut pada bab pamor, ada jenis pamor yang menjadi favorit yang diprimadonakan orang. Mereka meyakini bahwa pamor-pamor tertentu dapat membawa keberuntungan bagi pemilik tosan aji yang berpamor sebagai berikut :

Pamor Udan Mas, diyakini dapat membawa keberuntungan di bidang usaha/perdagangan, Pamor Pancuran Mas, membawa keberuntungan kepangkatan, Pamor Nunggak Semi, membawa keberlangsungan suatu usaha, Pamor Kol Buntet, menghindarkan dari bahaya santet, Pamor Blarak Ngirit, mencegah terjadinya bencana kebakaran dan angin topan, Pamor Kendhit, membawa Keselamatan, Pamor Sumur Bandung, menambah wibawa, dan Pamor Satriya Pinayungan, membawa keselamatan dalam karier. Seterusnya terserah kepada pembaca. Kebenarannya silakan tanyakan kepada mereka yang memiliki keris bertuah / tosan aji berpamor seperti di atas.

Demikian, semoga bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang KERIS BERKHODAM, Keris Pusaka yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan. Baik untuk kewibawaan, untuk kesejahteraan hidup. Untuk pengasihan, untuk kerezekian, jabatan dan kekayaan. Silahkan hubungi admin kami :

Call Center 1

Telepon & SMS : 082223338771

Call Center 2

Telepon & SMS : 085712999772

Berbagai Macam Pamor Keris, Pamor Tosan Aji Dengan Seni dan Mistik Tinggi<< >>Cara Merawat Keris Pusaka Agar Tetap Mengandung Tuah Tinggi

About the author : apnusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published.