Ilmu Tangguh Keris Tosan Aji, Ilmu Memahami Waktu Pembuatan Keris

Ilmu Tangguh Keris Tosan Aji, Ilmu Memahami Waktu Pembuatan Keris – Setelah mengenal tentang jenis dan dapur keris, kita lanjutkan pada bab Ilmu tangguh keris tosan aji. Pengertian Tangguh merupakan cara memperkirakan kapan atau pada jaman kerajaan mana keris tosan aji itu dibuat. Jadi bukan metode yang tepat seperti diberlakukan atas benda-benda bersejarah lazimnya. Waiau demikian cara ini berdasarkan pengalaman para penggemar keris, terutama yang terhimpun dalam sarasehan Bowo Raos yang dikemudian hari didukung oleh Pusat Kesenian Jawa Tengah Sub Tosan Aji.

Boleh jadi tidak setepat para ahli purbakala yang menggunakan metode dan peralatan tes tertentu atau seperti ahli forensik. Dalam proses pengambilan keputusan suatu pakem ilmu Tangguh keris, pada mulanya setiap sarasehan peserta diwajibkan membawa tosan aji. Selanjutnya seluruh peserta secara bergantian mencoba menganalisa seteliti mungkin pada bagian-bagian tosan aji dan keadaan pamor, besi serta garapannya.

Selanjutnya, tim mengumpulkan hasil analisa lalu dibuat kesimpulan dan dibuat catatan khusus untuk setiap jenis dan dapur tosan aji. Selain itu, dari pengalaman penulis dan mereka yang berprofesi sebagai tukang marangi diperoleh kesimpulan yang dapat mendukung hasil kesimpulan forum Bowo Raos itu.

Pada dasarnya masalah ilmu tangguh keris sangat berkaitan dengan kondisi tosan aji tersebut. Secara singkat disebut “‘MORJASINGUN”. Mor dari kata pamor, Ja dari kata waja/baja, Si dari kata besi dan Ngun kependekan dari kata Wangun/keharmonisan dan keindahan bentuk bilah tosan aji.

Pembagian Ilmu Tangguh Keris

TANGGUH JENGGALA (1010)

Keris yang dibuat pada jaman ini tanda-tandanya: ganja pendek, wadhidhang agak tegak, odo-odo seperti punggung sapi, besi padat, halus dan hitam pekat, pamor seperti rambut putih dan sogokan tanpa pamor.

Baca Juga :   Keris Pusaka Tanah Jawa Yg Paling Ampuh, Jaman Kerajaan Hingga Walisongo

TANGGUH PEJAJARAN (1200)

Keris yang dibuat pada jaman ini mempunyai ciri-ciri : ganja berbulu lembut, besi berserat, potongan bilah ramping, pamor seperti lemak/gajih, blumbangan/pejetan lebar, sogokan agak lebar

TANGGUH MAJAPAHIT (1300)

Keris pada jaman ini bercirikan sebagai berikut : potongan bilah agak kecil/ramping, ganja kecil, sirah cecak meruncing, odo-odo tajam, besi berat dan hitam.

TANGGUH MATARAM AWAL (1600)

Tanda-tanda keris yang dibuat pada jaman ini : bentuk ganja seperti cicak sedang menangkap mangsa, sogokan berpamor penuh, sekar kacang seperti gelung wayang, pamor tampak kokoh dan atas payuan timbul/menyembul.

TANGGUH MATARAM KARTASURA (1700)

Keris yang dibuat pada jaman ini bercirikan : besi agak kasar, bila ditimang agak berat, bilah lebih gemuk, ganja berkepala cicak yang meruncing.

TANGGUH MATARAM SURAKARTA (1745)

Tanda-tanda keris yasan/buatan pada jaman ini : bentuk bilah seperti daun singkong, besi halus, pamor, menyebar, payuan meruncing, gulu melet pada ganja pendek, odoodo dan bagian lainnya tampak manis/luwes.

TANGGUH MATARAM YOGYAKARTA (1755)

Keris yang dibuat pada jaman ini ciri-cirinya : ganja menggantung, besi halus dan berat, pamor menyebar penuh ke seluruh bagian bilah

TANGGUH MADURA (1800)

Keris yang dibuat pada jaman ini tanda-tandanya : besi pada umumnya kasar, berat sekar kacang tumpu dan pamor besar-besar/agal

TANGGUH TUBAN (1400)

Keris buatan pada jaman ini bercirikan : ganja berbentuk tinggi, berbulu pamor menyebar sirah cecak tumpul, potongan bilah cembung

TANGGUH BALI (1400)

Keris yang dibuat pada jaman ini tanda-tandanya : ukuran bilah keris panjang dan besar, lebih besar dari pada ukuran keris Jawa, besi berkilau, pamor besar halus dan berkilau.

Demikian pengertian ilmu Tangguh keris yang dapat kami sampaikan untuk Anda, semoga bermanfaat. BAROKALLAH.

Baca Juga :   Hakikat Tosan Aji, Warisan Budaya Leluhur Nusantara [Hindhu, Budha dan Islam]

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang KERIS BERKHODAM, Keris Pusaka yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan. Baik untuk kewibawaan, untuk kesejahteraan hidup. Untuk pengasihan, untuk kerezekian, jabatan dan kekayaan. Silahkan hubungi admin kami :

Call Center 1

Telepon & SMS : 082223338771

Call Center 2

Telepon & SMS : 085712999772

Arti keris stw, keris pdf, keris tangguh cirebon
Macam Macam Dapur Keris Berkelok/ Luk Keris Pusaka Jawa Asli (Disertai Gambar)<< >>Berbagai Macam Pamor Keris, Pamor Tosan Aji Dengan Seni dan Mistik Tinggi

About the author : apnusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published.