Macam Macam Dapur Keris Lurus/ Leres Lengkap dengan Bagian Bagiannya

Macam Macam Dapur Keris Lurus/ Leres Lengkap dengan Bagian Bagiannya – DAPUR KERIS adalah penamaan ragam bentuk atau tipe keris, sesuai dengan ricikan yang terdapat pada keris itu dilihat dari jumlah luknya. Penamaan dapur keris ada patokannya, juga ada pembakuannya. Dalam dunia perkerisan, patokan atau pembakuan ini biasanya disebut pakem dapur keris. Misalnya, keris yang bentuknya lurus, memakai gandik polos, tikel alis, danpejetan, disebut keris dapur Tilam Upih.

Dalam tulisan ini, Kang Masrukhan menjelaskan Macam Macam Dapur Keris Lurus. Selebihnya untuk yang berkelok/ Luk akan dijelaskan pada artikel berikutnya.

Bagian Bagian Keris dengan Dapur Lurus

Ragam Dapur Keris Lurus dan Spesifikasi Penggunanya

Begitu banyak jenis dapur keris lurus. Masing masing bentuk memiliki makna symbol dan arti. Sehingga harus spesifik juga bahwa keris tersebut hendak digunakan oleh siapa. Misalnya, contoh bentuk keris lurus di bawah ini :

Biasanya, dapur keris lurus dengan semua tipe tersebut sangat cocok digunakan oleh siapa saja. Baik itu seorang Raja atau prajurit (jaman dahulu). Serta digunakan oleh para pimpinan, para pengusaha, politisi, juga oleh profesi apapun dan dari kalangan manapun.

Dapur Pasopati, Dapur Sepana Bener dan Dapur Sepana Bener

Ketiga dapur keris ini bisa anda lihat pada gambar di bawah ini :

Ketiga jenis dapur ini biasanya digunakan oleh para pamong dan pegawai. Jaman dahulu, para pamong menggunakan keris dengan jenis dapur seperti tersebut diatas. Pamong misalnya, para Guru, baik itu Guru Spiritual, Guru pendidik di sekolah, para Guru ilmu Jawa dan lain sebagainya. Juga para pamong desa, pamong praja. Keris inipun biasa digunakan oleh Pegawai, karyawan atau pekerja, Tujuannya adalah agar supaya mendapat kesuksesan karir dan pekerjaannya.

Baca Juga :   Makna Keris, Daya Magis Dan Nilai Metafisika. Mengapa Keris Harus Anda Miliki?

Dapur Cengkrong, Dapur Sinebo dan Dapur Damar Murub

Ketiga dapur keris ini bisa anda lihat pada gambar di bawah ini :

Ketiga dapur ini memang jarang sekali dijumpai, apalagi di jaman modern seperti sekarang ini. Dimana tidak ada orang yang peduli dengan model dapur beraneka ragam keris. Maka dari itulah Kang Masrukhan mencoba untuk “nguri-uri” budaya Jawa dengan pengetahuan berbagai macam keris. Memang jarang disukai, namun dapur keris seperti ini biasanya dimiliki oleh para kolektor keris.

Dapur Karna Tinandhing, Dapur Sepang dan Dapur Kebo Teki

Ketiga dapur ini bisa anda lihat pada gambar di bawah ini :

Masing-masing cocok dimiliki oleh :

Bagi mereka yang berprofesi sehagai prajurit sebaiknya memiliki keris dapur Karno Tinandhing Kemudian bagi mereka yang gemar berolah tani/ bertani ada baiknya memiliki keris dapur Sepang dan Kebo Teki.

Itulah macam macam dapurr keris Lurus yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda,

Call Center 1

Telepon & SMS : 082223338771

Call Center 2

Telepon & SMS : 085712999772

macam macam dapur keris dan gambarnya, jenis keris lurus dan gambarnya, gambar dan nama keris lurus, Gambar ricikan keris, dapur keris, macam macam keris, keris lurus, dapur keris lurus dan gambarnya, macam2 dapur keris, ricikan keris
Keris Pusaka Tanah Jawa Yg Paling Ampuh, Jaman Kerajaan Hingga Walisongo<< >>Macam Macam Dapur Keris Berkelok/ Luk Keris Pusaka Jawa Asli (Disertai Gambar)

About the author : apnusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published.