Makna Keris, Daya Magis Dan Nilai Metafisika. Mengapa Keris Harus Anda Miliki?

Makna Keris, Daya Magis Dan Nilai Metafisika. Mengapa Keris Harus Anda Miliki? – Bila ada orang yang menghadap perapian dengan membakar dupa atau kemenyan seraya mengucapkan kata-kata, umpamanya “Wahai kerisku, berikan kekuatanmu kepadaku, dan berilah aku sandang pangan yang cukup” dan lain sebagainya. Perbuatan itu meskipun kita tidak perlu menyalahkan, tetapi dalam tata rasa kita tetap menyayangkan. Mengapa orang itu minta kekuatan dan sandang pangan kepada benda mati buatan manusia?

Perbuatannya itu sebetulnya terbalik, keris itulah yang semestinya yang kadang-kadang mengeluarkan suara apa-apa kepadanya. Kali mat terakhir ini mungkin sedikit membingungkan. Mana mungkin keris yang sifatnya benda mati bisa meminta sesuatu mengeluarkan suara kepada manusia.

Di sinilah letak teka-teki peninggalan nenek moyang kita yang patut kita hormati. Tetapi kadang-kadang oleh sementara orang, bila mendengar uraian atau peragaan apa-apa yang bertali-temali dengan keris lantas dianggap berbau klenik. Tetapi andaikan ada orang yang menyaksikan sendiri, bahwa dewasa ini ada benda mati seperti piringan hitam atau pita kaset dan lain-lain, yang bisa mengeluarkan suara, apakah kejadian ini masih juga dianggap suatu klenik?

Makna Keris, Tak Hanya Sekedar Klenik

Apa kiranya yang dinamakan teknologi, mungkin tidak hanya di zaman modern ini timbulnya, kita bisa mengatakan bahwa dahulu kala apa yang dinamakan teknologi juga sudah ada. Hanya saja kitapun tidak akan mengelak kenyataan, bahwa memang ada perbedaan kenyataan mengenai manfaatnya, tentang teknologi zaman kuna dengan teknologi modern ini. Kalau teknologi di zaman kuna, hanya bisa dipunyai dan dinikmati oleh orang tertentu yang betul-betul mendalaminya.

Sebaliknya masa kini, teknologi bisa dikuasai oleh beberapa orang, juga bisa oleh hampir setiap orang. Mengapa begitu? Sebab nenek moyang kita masa dahulu, jika menemukan sesuatu biasanya dirahasiakan. Penemuan tersebut jarang disebarluaskan, hanya kepada keluarga atau siswa saja penemuan itu diberikan.

ltu saja hanya sebagian. Lain dengan para cerdik pandai masa kini, bila menemukan sesuatu yang bisa dipertanggungjawabkan, pasti segera disebarluaskan untuk bisa dinikmati oleh semua orang. Untuk mengakhiri ungkapan tata rasa seperti yang tercatat di atas, seyogyanya marilah kita mulai saja membicarakan soal keris dengan ungkapan lurus secara kuna, tetapi kita uraikan secara ilmiah. Demi lestarinya kewibawaan nenek moyang kita.

Baca Juga :   Mengenal Bagian Bagian Keris Menyeluruh, Pakem Pengetahuan Tentang Keris

Daya Tarik Keris dari Segi Seni, Kekuatan Magis dan Budaya

Seorang yang mempunyai keahlian membuat keris umumnya dinamakan empu. Mungkin dewasa ini sudah banyak di antara kita yang mengerti tentang seluk beluk pembuatan keris. Apa lagi empu maupun keturunan empu yang sudah pernah mempelajari atau memperdalam tentang keris, atau senjata-senjata kuna yang senyawa pembuatannya dengan keris. Walaupun Keris bukan benda keramat, tetapi tidak sedikit yang dikeramatkan orang.

Semua itu dikarenakan, selain ada rasa pengakuan bahwa makna keris adalah karya para ahli, juga tergantung dari kenyataan mutu maupun nama empu yang membabar atau membuat, apalagi dilandasi kepercayaan yang kuat. Karena di jagat Nusantara ada ratusan empu, maka bermacam-macamlah keris atau senjata-senjata kuna lain yang berbeda-beda bentuk maupun cara pembuatannya, sehingga tidak aneh kalau satu persatu karyanya juga diberi nama yang berbeda-beda. Karena adanya pengakuan dan kepercayaan yang mendalam, maka timbullah anggapan, bahwa keris atau senjata lain-lain buatan empu tersebut mempunyai keampuhan dan kegunaan masing-masing.

Sebetulnya kenyataan ini juga mempunyai alasan yang wajar dan kuat, mengingat manusia-manusia termasuk juga para empu, adalah para makhluk yang tinggi derajatnya kalau dibanding dengan makhluk lain. Dengan puja-puji yang khusuk dan permohonan kepada yang Maha Agung secara mendalam, tidaklah mustahil bahwa para empu mempunyai daya pancaran yang kuat, yang menembus masuk ke dalam keris karyanya. Sama halnya dengan orang yang memotret, atau seseorang yang merekam suara ke dalam pita kaset. Dari itu kalau ada orang yang mengatakan bahwa kepercayaan orang yang sengaja menguji ada dan tidaknya bahwa makna keris itu berisi mantra atau kosong hanya terdorong oleh rasa sugesti, maka anggapan itu sebetulnya kurang benar. Kita sering mendengar atau menyaksikan sendiri bahkan ada yang mengawaki pribadi ialah sewaktu kita membutuhkan ketenangan karena ingin menyusun gambar karya apa saja.

Baca Juga :   Cara Menayuh Pusaka Keris, Cara Merasakan Energi Dan Tuah di Dalamnya

Setelah kita menemukan tempat yang teduh, sepi, jauh dari kebisingan dan memulai menganyam-anyam rasa, disitu terasalah begitu lancar mengalirnya gambar-gambar karya yang kita kehendaki. Maka bila waktu yang tenggang itu tiba-tiba dipecahkan oleh kebisingan atau dikotori oleh pemandangan yang menyimpang dari hati kita, pastilah seketika itu buyarlah semua konsentrasi dan tersumbatlah semua lubang inspirasi. Dan timbul rasa kesal dan kecewa, sehingga segala sesuatu harus diulang kembali.

Berbeda dengan perasaan para empu, setelah mereka menemukan tempat yang teduh dan sepi, disitulah para empu dan para pembantunya merubah tempat tersebut menjadi tempat yang santai tetapi ramai, semua yang berada di situ selalu bergerak meriah, diadakanlah suara yang menggentang berulangulang dan desis desah angin yang membuat besi memerah. Dalam suasana yang hiruk-pikuk itu, para empu justru menemukan inspirasi susulan untuk penambahan gambaran karya yang sudah di dalam penggarapan.

Dalam suasana kesibukan tersebut para empu tidak merasa tergoda, sebaliknya malahan semakin khusuk berdoa dalam hati terhadap Yang Maha Agung, dibarengi ucapan-ucapan mantra doa atau titipan kata-kata mutiara yang sengaja disisipkan ke dalam keris buah karyanya. Jadi jelaslah adanya perbedaan perasaan antara orang-orang biasa dengan para empu, didalam menangani garapannya. Tempat yang ribut resah bagi para empu tidak membikin gelisah.

Pemandangan dan suara jorok sumbang tidak akan menjadi halangan. Sang empu terus menempa sampai kerjanya selesai nyata. ltulah daya magnet para empu, sehingga kuat menarik kepercayaan orang-orang yang mencintai seni karya para empu.

Dan itulah makna keris yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda.  Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang KERIS BERKHODAM, Keris Pusaka yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan. Baik untuk kewibawaan, untuk kesejahteraan hidup. Untuk pengasihan, untuk kerezekian, jabatan dan kekayaan. Silahkan hubungi admin kami :

Call Center 1

Telepon & SMS : 082223338771

Call Center 2

Telepon & SMS : 085712999772

Cara Merawat Keris Pusaka Agar Tetap Mengandung Tuah Tinggi<< >>Cara Membuat Keris Sebagai Pusaka Ageman Hingga Memiliki Tuah Sakti

About the author : apnusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published.