Pusaka Keris Tayuhan, Apa Bedanya Dengan Keris Sebagai Pusaka Ageman?

Pusaka Keris Tayuhan, Apa Bedanya Dengan Keris Sebagai Pusaka Ageman? – Bagi yang belum biasa mempelajari tentang keris, maka sulit untuk bisa membedakan mana keris yang ageman dibanding dengan keris yang dinamakan pusaka keris tayuhan. Dalam hal ini akan diterangkan kemudian.

Persiapan Sebelum Membabar Pusaka Keris Tayuhan

Berbeda dengan pelaksanaan pembuatan pusaka ageman, kalau salah satu dari para empu sudah berkenan akan membabar (menyelesaikan) keris pusaka tayuhan, maka yang berkepentingan tersebut biasanya segera memenuhi syarat-syarat yang sudah umum dilaksanakan olehnya.

Dalam 6 (enam) hari mengadakan persiapan pembuatan keris tayuhan dengan perincian seperti tersebut di bawah ini :

  1. Hari kesatu untuk membenahi atau membersihkan besalen (tern pat perapian), Panyirepan (tempat air), Dulang Landesan (tempat penempaan), Ububan (tempat pembantu menghembuskan angin).
  2. Hari kedua untuk memikirkan dan memilih seseorang yang ditunjuk sebagai pembantunya. Karena seorang pembantu harus bisa dipercaya merahasiakan segala sesuatu yang bertalian dengan pusaka yang akan dibabar itu.
  3. Hari ketiga menyiapkan atau meneliti semua bahan-bahan yang dipilih untuk pembuatan pusaka, dan semua harus dibersihkan.
  4. Hari keempat mengumpulkan para pembantu yang terpilih, dan biasanya malam hari diajak keluar rumah untuk mencari tempat yang sepi guna membicarakan sesuatu yang berkaitan dengan akan dibuatnya keris pusaka itu.
  5. Hari kelima mengadakan selamatan, perlunya untuk mendatangkan para tetangga dekat agar mereka ikut serta memberi restu dengan adanya pusaka yang akan dibabar nanti. Terutama memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agar yang menjalankan wajib membabar pusaka nanti terlepas dari segala godaan dan halangan.
  6. Hari keenam selain kembali meneliti bahan-bahan atau besalen dan lain sebagainya, sang empu segera menetapkan mantra dan kata tuah yang akan disisipkan ke dalam pusaka, yang semuanya harus dimengerti dan dihafalkan oleh para pembantu.
Baca Juga :   Ciri Khas Keris Pusaka Tanah Jawa, Zaman Kerajaan Hindu Hingga Islam

ltulah syarat pertama bagi sang empu sebelum memulai karyanya. Karena hari yang ketujuh inilah hari permulaan sang empu melaksanakan niatnya untuk membuat keris Tayuhan. Maka sebelum matahari terbit, sang empu lebih dulu harus mandi keramas, dengan rangkaian lima macam bunga untuk sebaran dalam air.

Mengapa mandi keramas harus dilakukan pada pagi-pagi hari sebelum matahari terbit?

Karena dalam adat yang sudah ditentukan menghendaki arti perasaan, ialah barang siapa yang akan membuat keris pusaka keris tayuhan, janganlah mempunyai rasa bangga dan pamer. Maka waktu mandi janganlah sampai terlihat orang. Adapun arti air keramasan (air jernih yang sudah direndam semalam).

Air adalah sarana yang bisa membersihkan badan, jadi sebelum membuat pusaka keris tayuhan, orang tersebut harus betul-betul bersih dari segala perasaan dengki, marah, susah, dan sombong. Arti dari pada lima macam bunga ialah barang siapa yang akan memulai membuat keris pusaka, harus selalu bersanding dengan rasa guna dari panca indra yaitu apa yang dinamakan pandulu (Penglihatan), pangrungu (pendengaran), pangganda (penciuman), pangrasa (perasaan), pangucap (perkataan).

Adapun penjabarannya adalah selagi sang empu membuat pusaka keris tayuhan, janganlah sampai tergoda oleh pemandangan lain, tergoda oleh suara lain, tergoda oleh bebauan lain, tergoda oleh perasaan lain, dan jangan menuruti hawa nafsu sehingga mengeluarkan kata-kata yang tidak berguna.

Itulah makna keris tayuhan yang dapat kami sampaikan, Semoga bermanfaat untuk Anda. Barokallah.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang KERIS BERKHODAM, Keris Pusaka yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan. Baik untuk kewibawaan, untuk kesejahteraan hidup. Untuk pengasihan, untuk kerezekian, jabatan dan kekayaan. Silahkan hubungi admin kami :

Call Center 1

Telepon & SMS : 082223338771

Baca Juga :   Ragam Bentuk Warangka Tosan Aji; Warangka Keris, Tombak dan Pedang

Call Center 2

Telepon & SMS : 085712999772

Cara Membuat Keris Sebagai Pusaka Ageman Hingga Memiliki Tuah Sakti<< >>Cara Membuat Keris Tayuhan Jaman Raja Raja Jawa, Selengkapnya!

About the author : apnusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published.